Segera Hindari! Ini dia Bahaya Toxic di dalam Game!

Segera Hindari! Ini dia Bahaya Toxic di dalam Game!

Sebagian besar orang pasti pernah bermain game. Entah itu game online atau offline, game MOBA atau FPS, semua orang pasti pernah memainkan sebuah game.

Dalam bermain game, biasanya orang hanya mengincar kesenangan dan menggunakan game sebagai hiburan. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini game sudah berkembang jauh lebih pesat.

Baca Juga: Kemana MobaZane Pindah? Ini 3 Tim yang Diduga jadi Tujuannya

Salah satu perkembangan pesat yang terlihat sekarang adalah munculnya turnamen dan industri game atau esports di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali tim dan turnamen esports yang digelar.

Kemajuan dari industri game ini seharusnya juga dibarengi dengan ekosistem yang bagus juga. Sayangnya dalam dunia game, terutama esports, masih belum bisa mewujudkan ekosistem yang benar-benar sehat.

Seperti yang kalian ketahui juga, masih banyak pemain-pemain yang toxic di saat bermain game. Padahal, game seharusnya membawa aura dan efek yang positif terhadap para pemainnya.

Apa itu Toxic di dalam Game?

Secara bahasa, toxic memiliki arti racun atau beracun. Namun di dalam game, toxic ini bisa diartikan sebagai perilaku pemain yang bersifat negatif saat bermain game.

Perilaku negatif ini bisa terdiri dari perkataan sampai cara bermain yang merugikan tim. Tidak jarang kita menemukan pemain yang terus-terusan mengirim chat yang berbau provokatif. Bahkan, kita masih sering menemukan pemain yang mengirim pesan SARA dan sangat tidak layak untuk dilihat apalagi ditiru.

Perilaku seperti ini akan sangat berpengaruh pada pertandingan, terutama pada game yang membutuhkan tim. Kita pasti pernah mengalami kekalahan dalam pertandingan hanya karena ada pemain yang toxic. Pemain toxic ini bisa mempengaruhi seluruh tim.

Ciri-ciri Pemain Toxic

Pemain toxic ini sebenarnya memiliki beberapa ciri-ciri yang serupa. Berikut ciri-cirinya:

1. Suka menyalahkan tapi tidak mau disalahkan

Salah satu ciri yang paling terlihat dari pemain toxic adalah suka menyalahkan. Biasanya, pemain ini akan menyalahkan teman satu timnya, yang paling menyebalkan adalah pemain seperti ini tidak mau disalahkan. Dia akan selalu mengelak dan mencari alasan yang kadang tak masuk akal.

2. Berisik dan ngambekkan

Dalam beberapa game, perlu konsentasi dan koordinasi ketika kita bermain. Nah, pemain yang toxic ini biasanya selalu berisik dan tidak jarang ngambek.

Ini tentu akan merugikan karena akan terjadi ketidakseimbangan di dalam tim dan berpotensi besar untuk mengalami kekalahan.

3. Chat tidak jelas

Ciri pemain toxic lainnya adalah sering melakukan spam chat yang tidak jelas. Bahkan dalam beberapa kasus, chat ini berbau rasis dan SARA. Sangat tidak patut dicontoh.

4. Cheat

Cheat ini merupakan cara yang paling menjijikkan untuk mendapatkan kemenangan. Pemain yang melakukan cheat juga bisa dikatakan sebagai pemain yang toxic.

Bahaya Toxic di dalam Game

Selain merugikan tim, perilaku toxic bisa berbuntut panjang. Jika orang yang kalian toxic-in tidak terima, mereka bisa saja melakukan hal-hal gila yang kalian tidak akan sangka. Bahkan, kalian juga bisa saja terlibat dengan kasus hukum seperti yang ada di video ini.

Toxic di dalam game juga akan berakibat buruk bagi sendiri. Game sejatinya merupakan sarana untuk bersenang-senang dan membawa aura positif pada para pemainnya.

Jika kalian justru toxic di dalam game, tentu bermain game tidak akan menjadi menyenangkan. Atau jangan-jangan, justru kesenangan kalian didapatkan dari berperilaku toxic? Hmm.. Jika itu benar, jangan diteruskan ya!

Intinya adalah, bermain game itu harus menyenangkan untuk semua pemainnya. Kadang kita singkirkan ego diri sendiri demi kesenangan bersama. Ayo bermain game secara sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *