Sejarah Video Game Ternyata Memiliki Cerita yang Cukup Panjang

Sejarah Video Game Ternyata Memiliki Cerita yang Cukup Panjang

Sejarah video game menjadi salah satu sejarah yang cukup panjang perjalanannya. Di zaman modern, makin banyak orang yang memainkan video game sebagai sarana hiburan. Bahkan, saat ini hanya dengan bermain video game saja seseorang dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Meskipun bermain video game identik dengan permainan anak kecil, tetapi banyak juga orang dewasa yang memainkannya.

Dikutip dari The Wrap, video game adalah hiburan digital interaktif yang dapat dimainkan melalui komputer, konsol game, ponsel atau tablet.

Bagi pemain game atau orang yang sangat antusias memainkan video game dapat disebut dengan gamer. Video game juga memiliki beragam genre berbeda dengan jutaan jenis video game yang dapat menjadi media hiburan bagi orang yang memainkannya.

Lantas, bagaimana sejarah video game pertama kali diperkenalkan di dunia?

Baca Juga: RRQ Hoshi Berhasil Amankan Tiket Babak Playoff di MSC 2022

Sejarah Video Game

Sejarah Video Game

Sejarah video game pertama kali ditampilkan pada sekitar tahun 1940-an di sebuah pameran dunia. Dengan Edward U. Condon mendesain komputer yang dapat memainkan permainan tradisional Nim.

Ketika bermain video game Nim, para pemain harus menghindari untuk mengambil batang terakhir, tapi permainan tersebut 90 persen dimenangkan oleh komputer.

Pada 1952, profesor asal Inggris bernama A.S Douglas menciptakan video game yang disebut dengan OXO untuk disertasinya di University of Cambridge. Video game tersebut mirip dengan permainan tic-tac-toe, dengan bertemakan interaksi antar manusia dengan komputer.

Pada 1955, akibat perang yang berkepanjangan, membuat game perang mulai banyak diciptakan. Pihak militer Amerika Serikat juga mendesain game yang bernama Huspitel.

Video game Huspitel tersebut dimainkan dengan cara pemain merah melawan pemain biru. Kedua warna tersebut mencerminkan tentara NATO dan Uni Soviet.

Baca Juga: Marvel Midnight Suns Hadirkan Aktor Original Spiderman

Perkembangan Sejarah Video Game

Sejarah Video Game

Di tahun 1957, William Highbotham menciptakan video game dengan nama Tennis for Two di komputer analog besar dengan terhubung di layar osiloskop.

Video game tersebut diciptakan khusus untuk hari pengunjung tahunan di Brookhaven National Laboratory di Upton, New York.

Suksesnya Tennis for Two membuat sebagain programer merasa terbantu dalam pelajaran tentang komputer, karena mereka merasa dapat belajar dari pembuat game sambil memainkan gamenya.

Pola pikir tersebut kemudian membuat sekelompok mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1960-an mengembangkan permainan yang inovatif.

Baca Juga: Bocoran Genshin Impact, Bos Dendro Akan Datang di Update Major

Sejarah Video Game Digandrungi Masyarakat

Sejarah Video Game

Sejarah video game mulai dapat dinikmati oleh masyarakat umum sekitar tahun 1966, berkat seorang insinyur bernama Ralph Baer. Baer berfikir jika televisi dapat menjadi salah satu media untuk bermain.

Dengan dibantu oleh Bob Tremblay, pada 1967 mereka berdua menciptakan beberapa unit uji video game pertama di dunia yang disebut dengan TVG.

Setelah melakukan beberapa tahun melakukan uji coba, Baer dan rekan-rekannya mengembangkan purwarupa video game multi-program pertama yang dijuluki “Brown Box”.

Penemuan tersebut membuat Baer kemudian dikenal oleh dunia sebagai Bapak Video Games. Setelah Brown Box dijual ke Magnavox, kemudian konsol game tersebut dijual secara komersil dengan nama Odyssey.

Salah satu game Odyssey menginspirasi perusahaan game arcade Atari Pong untuk membuat video game untuk versi rumahan.

Perusahaan game arcade pertama tersebut kemudian membuat game Pong dan hasilnya sukses besar di pasaran.

Pada 1977, Atari Pong merilis konsol rumahan dengan menggunakan joystick dan cartridge bernama Atari 2600.

Sejarah Video Game

Atari 2600 memiliki keunggulan dengan permainan multi-warnanya, hal itu menandai era generasi kedua dari konsol video game.

Pada 1979, video game kian populer dimainkan di masyarakat dengan ditandai berbagai game yang saat ini sudah menjadi legenda.

Game legenda tersebut, di antaranya Pac-Man, Super Mario Bros, hingga Flight Simulator pertama milik Microsoft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *